Rabu, 19 Agustus 2015

Kegiatan MOS SMK Madinatul Ulum Tahun Pelajaran 2015/2016

Tahun pelajaran baru di setiap sekolah selalu diawali dengan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik \ baru. Kegiatan  pengenalan ini sering dikenal sebagai kegiatan MOS (Masa Orientasi Siswa). Pemerintah mengatur kegiatan ini dengan mengeluarkan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 55 tahun  2014. Tujuan MOS Secara garis besa menurut peraturan tersebut adalah agar peserta didik baru memperoleh kegiatan yang bermanfaat, edukatif, dan memperoleh kegiatan yang dapat mengenalkan peserta didik pada lingkungan sekolahnya. 

Kegiatan MOS juga dilaksanakan di SMK Madinatul Ulum. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 4-8 Agustus 2015. Kegiatan ini dilaksanakan setelah kegiatan tes penempatan kelas bagi peserta didik baru. 

Pada tanggal 4 Agustus 2015 diawali dengan pembukaan acara yang dilakukan oleh Bapak Muhammad Faisol Abda’ sebagai perwakilan dari SMK Madinatul Ulum menggantikan Kepala Sekolah yang berhalangan \ hadir karena sedang menjalankan tugas sekolah di Jakarta. Setelah pembukaan diteruskan dengan pembagian kelompok peserta MOS dan dilanjutkan dengan materi pengenalan lingkungan SMK Madinatul Ulum.

Pada tanggal 5 Agustus 2015, acara MOS berisi kegiatan yang bertujua mempererat hubungan masing-masing kelompok peserta MOS. Kegiatan tersebut antara lain: 

1. Jalan-jalan pagi bersama panitia MOS. 
2. Permainan jaring laba laba.
3. Permainan Balon. 
4. Permainan Angkat Ban Menggunakan Tongkat.
5. Permainan Pindah air menggunakan tali.

Pada tanggal 6-7 Agustus 2015, acara MOS \ berisi tentang pengenalan Ekstrakurikuler yang terdapat di SMK Madinatul Ulum. Terdapat enam ekstrakurikuler di SMK Madinatul namun hanya tiga ekstrakurikuler yang melakukan demo kepada peserta MOS, yaitu: ekstrakurikuler Pramuka, PMR, dan ekstrakurikuler pencak silat. 

Pada tanggal 8 Agustus 2015, acara MOS diisi dengan pengenalan OSIS SMK Madinatul Ulum dan acara penutupan yang berupa pemberian hadiah bagi peserta OSIS yang masuk dalam kriteria yang telah ditentukan oleh panitia, \ antara lain memiliki kekompakan dalam tim, memiliki kedisiplinan, kerapian,ketanggapan yang baik.

Berikut adalah foto-foto kegiatan MOS SMK Madinatul Ulum tahun pelajaran 2015/2016.



Gambar 1. Demo dari Ekstrakurikuler PMR



Gambar 2. Demo dari Ekstrakurikuler Pramuka

Demikian kegiatan-kegiatan MOS tahun pelajaran yang telah dilaksanakan oleh SMK Madinatul Ulum



Ditulis Oleh: Akhmad Dairobi, S.Pd 

0 komentar:

Posting Komentar